Pages

Rabu, 15 September 2010

Do the simple Action!

Readers tahu doonk, kalo Bumi kita ini lagi ngalamin yang namanya krisis Bumi (namain sendiri,haha). Contohnya, sampah dimana-mana, lingkungan tercemar, flora dan fauna banyak mengalami kepunahan, suhu udara makin panas, es di kutub mulai mencair, polusi asap yang bikin pusing, dan lain lain lagi yang masih belum saya pahami betul. Allah udah menciptakan alam kita dengan indah dan sempurna banget, tapi justru kitalah yang merusaknya. Seperti yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an

zhahara alfasaadu fii albarri waalbahri bimaa kasabat aydii alnnaasi liyudziiqahum ba'dha alladzii 'amiluu la'allahum yarji'uuna
41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

sampah dimana- mana

hutan gundul

















laut yang tercemar

Ga mau donk, ngeliat Bumi kita kaya gituu? Pastinya maunya bumi kita kaya ginii..








Kampanye Go Green udah dimana-mana, tapi langkah-langkah sederhana apa sih yang bisa kita lakuin untuk mengurangi sedikit penderitaan Bumi? Lakukan hal-hal sederhana ini secara konsisten di rumah yaa. 

1.       Gunakan listrik seefisien mungkin

Matikan lampu-lampu dan barang elektronik lainnya yang tidak digunakan. Ketika tidur, matikan seluruh lampu di rumah, kecuali mungkin lampu untuk halaman, termasuk kamar kita yaa.. Ada hadits dari Rasulullah juga lho yang mengatakan bahwa tidur itu lampunya harus dimatikan.

Dari Jabir Bin Abdullah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian. (HR. Bukhari 6296 dan Muslim 2012)
klik

Jadikaan, selain cinta lingkungan cinta tagihan listrik juga.. hihi

2.       Pisahkan sampah
Gambar
Hal sederhana berikutnya yaitu pisahkan antara sampah basah dengan sampah kering. Sampah basah diisi dengan sampah-sampah organik, dan sampah kering berisi dengan sampah-sampah anorganik. Pemisahan ini bertujuan sebagai pemudahan dalam pendaur ulangan sampah.

3.       Naik sepeda yuuk
Ke warung aja naik motor? Naik sepeda aja! Lebih sehat, hemat, dan menyenangkan..


4.       Buat lubang biopori

Masukkan sampah-sampah organik, terus dibakar biar bisa jadi pupuk. Atauu.. dibakar sampahnya, dan buat lubang lagi.. sampah organik terurai dalam tanah. Jadi, mengurangi sampah. Dari tanah, kembali ke tanah.

5.       Hemat air

Gunakanlah air seperlunya, sederhana memang. Namun, banyak orang yang kurang memerhatikannya. Coba klik link berikut:
Mengerikan yaa. Belum tentu terjadi memang. Tapi, cobalah untuk mulai memperhatikannya dari sekarang.Jangan buang – buang air. Mandi airnya jangan banyak-banyak. Untuk menyiram tanaman, gunakanlah air hujan yang ditampung. Iritlah J

6.       Hemat kertas
Gunakan kertas yang masih bisa dipakai. Dengan penghematan kertas, berarti kita telah membantu penghematan energi produksi dan mengurangi pohon-pohon yang ditebang untuk memproduksi kertas. Berkreasilah dengan kertas-kertas itu.

7.       Tanam Tanaman
Apa yang membuat Banjir dimana-mana? Jawabannya sederhana, karena air kehilangan tempat. Disana sini di semen, mau kemana lagi coba? Oleh karena itu, tanamlah tanaman sebanyak mungkin. Kalau memang ga punya lahan,ya tanam aja di pot. Tanaman dapat memperindah lingkungan dan mengurangi polusi udara..
Gambar
halaman rumah 1
halaman rumah 2

8.       Hentikan parfum semprot
Parfum semprot yang mengandung propellant aerosol, chloroflourcarbon (CFC), halon, metil bromida, dan lain-lain sangat berbahaya bagi lapisan ozon. Senyawa-senyawa kimia tersebut dapat menyebabkan lapisan ozon tidak lagi mampu melindungi bumi terhadap radiasi ultra violet (UV) dari matahari. Setiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan menyebabkan kenaikan radiasi UV sebesar 20 persen.


















Gunakan yang tidak sekali pakai













 Kurangi pemakaian plastik, botol plastik, dan tisu dengan menggunakan barang-barang di atas. Mudah, hemat, dan sehat untuk lingkungan kaan?!

Jika kita semua telah melakukan hal-hal sederhana seperti di atas, maka lingkungan sehat, kita sehat, hewan-hewanpun ikut tersenyum riang seperti ini..
 Ajak teman-temanmu untuk melakukan hal di atas juga yaa..








 CINTAI BUMI KITA !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for reading.. Any comments?
Write down!

Leelou Blogs
 

Template by BloggerCandy.com